Apakah anda band atau musisi ? Belum memiliki profil band atau profil musisi ? Yah, di era google seperti sekarang ini, PROFIL, bagaimanapun juga sangat utama dan tidak bisa dilepaskan dari demo musik yang anda buat untuk diajukan ke label musik, event organizer, maupun kepentikan promosi lainnya.
Seorang produser di label (yang terpaksa tidak bisa kami sebutkan) mengatakan kepada kami, bahwa image band terlihat dari bagaimana band tersebut mengemas produknya dengan baik. Bukan saja bagaimana mereka mengikuti perkembangan trend musik, tapi wajib juga mengikuti perkembangan teknologi. Baik itu teknologi perekaman maupun teknologi media promosi/informasi.
Masih menurut si Produser, di media serba internet sekarang ini, yang apa-apa serba di cari lewat mbah google, maka wajib hukumnya band-band yang ingin maju dan serius di musik memiliki website, bukan sekedar punya facebook atau jejaring sosial lain yang bersifat gratisan. Keberadaan website akan menjadi sebuah kantor dan management si band , atau istilah kerennya OFFICIAL WEBSITE yang akan menjadi sumber dan arus informasi band atau musisi terkait. Itulah mengapa dalam ketentuan penerimaan demo musik, sekarang-sekarang ini sejumlah label meminta band turut menyertakan alamat official websitenya. Bahkan beberapa label besar juga telah membuka penerimaan demo secara online pada situs-situs resmi mereka, sekali lagi, dalam formulir pengiriman online, mereka meminta si band mencantumkan alamat website resmi mereka.
Apa yang dikatakannya sangat masuk akal. Ini analisa kami :
ketika orang banyak mencari sesuatu lewat google, bisa jadi mereka "nyasar" masuk ke website anda. Artinya, secara otomatis mereka membaca, mengetahui dan ketika penasaran, mereka mendownload musik anda.
Memiliki sebuah official website, itu artinya akan menaikkan pamor, image, atau apalah namanya terhadap band atau karya anda, mengingat rata-rata, sekarang ini yang punya website cuma band terkenal saja. Band indie masih jarang yang menyadari pentingnya memiliki website. Dengan memiliki website, band anda menjadi terlihat serius dalam bermusik dan memanagement produk.
Jika anda menempatkan musik atau mp3 anda di 4shared, indowebster atau hosting-hosting gratis lainnya, para pendownload tidak akan pernah tahu siapa sebenarnya yang membuat musik tersebut. Itu artinya anda akan memiliki kerugian besar dalam berkarya. Mereka tidak tahu itu karya siapa dan anda tidak punya kesempatan membuka kerjasama dengan orang-orang berduit yang akan mendukung karya anda.
Sekedar memiliki facebook atau twitter juga tidak cukup. Bayangkan, siapapun juga sekarang ini punya facebook. Sifat Facebook cuma sebagai jejaring sosial yang kadang dalam status-statusnya, para facebooker menuliskan banyak hal, memaki-makipun kadang dituliskannya pula. Orang juga seenaknya promosi di facebook kita sehingga segalanya menjadi tidak fokus. Account-account facebooker pun banyak yang bohong. Celakanya malah banyak yang membuat account milik artis, label atau fans page band yang sudah terkenal entah dengan tujuan apa. Karena faktor dan sifatnya sebagai jejaring sosial itulah, maka facebook atau twitter bukan lahan yang tepat untuk bisnis serius.
Keuntungan lainnya adalah band yang memiliki website juga bisa sekaligus berjualan mp.3 di situsnya. Contact person dalam website terkait menjadi sangat layak untuk di hubungi pihak-pihak terkait yang ingin mengajak bekerjasama atau hal-hal serius lainnya.
Menanggapi fenomena diatas, Padepokan Gerilya yang sudah sekian tahun concern dalam eksplorasi gagasan dan strategi bermusik , menjawabnya dengan mempelopori pembuatan website khusus band atau musisi.
Yang perlu diingat adalah : promosi ini adalah posting pertama yang muncul di halaman google, Artinya, jika anda menemukan promo lain yang menyangkut spesifikasi ini, itu artinya tetap kami, Padepokan Gerilya-lah yang pertama kali melakukannya.
SUMBER TULISAN :